[Gaya Hidup] 5 Tips Agar Bau Mulut Tidak Menyengat Saat Puasa

jogjacamps.blogspot.com - Bau mulut saat puasa merupakan salah satu masalah yg sering dialami oleh oleh kebanyakan orang, bahkan bau mulut yg timbul ketika kita berpuasa bisa lebih menyengat daripada biasanya sehingga dpt membuat seseorang tak nyaman ketika berada dan berbicara didekat kita. Pada saat kita berpuasa maka tak ada makanan maupun minuman yg masuk sehingga membuat mulut kekeringan karena kurangnya cairan ludah / sativa. Nah, kurangnya cairan ludah didalam mulut ni bisa membuat bakteri berkembang lebih cepat sehingga bisa menimbulkan bau mulut.

5 Tips Agar Bau Mulut Tidak Menyengat Saat Puasa

Tapi walaupun demikian bukan berarti kita tak bisa mengatasi bau mulut saat berpuasa, kita bisa mensiasati hal ni dgn beberapa cara berikut. Penasaran ? mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Konsumsi Air 8 Gelas Sehari
Hal pertama yg harus kita lakukan adlh memastikan bahwa tubuh tak kekurangan cairan, setidaknya mengkonsumsi 8 gelas air sehari. Semua sudah pasti tahu bahwa saat kita berpuasa dilarang untk makan dan minum disiang hari sehingga untk mengatasi hal ni kita perlu mengikuti pola 2+4+2 dlm mengkonsumsi air agar asupan cairan didalam tubuh tetap terpenuhi.

Pola 2+4+2 ni adlh kita diharuskan mengkonsumsi air putih sebanyak dua gelas saat berbuka lalu empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. Jika anda mengikuti pola tersebut maka selain bisa menjaga tubu tetap sehat tetapi jg bisa mengatasi masalah bau mulut

2. Menggosok Gigi
Jika biasanya kita menggosok gigi pd saat pagi hari dan malam hari maka ketika kita menjalani ibadah puasa maka tentu saja kebiasaan tersebut jg harus disesuaikan karena menggosok gigi saat kita sedang berpuasa dianggap makruh. Nah, agar mulut tetap segar dan terhindar dari bau mulut di bulan puasa maka gosoklah gigi setelah buka dan sehabisa sahur / jg bisa ditambah dgn menggosok gigi sebelum tidur malam. Untuk hasil maksimal maka gunakan jg mouthwash, tapi cukup 2 kali seminggu saja karena terlalu sering menggunakan mouthwash bisa membuat mulut menjadi kering

3. Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Salah satu cara ampuh untk mengatasi dan mencegah bau mulut saat berpuasa adlh rajin mengkonsumsi sayur dan buahan saat berbuka maupun sahur karena hal ni bisa membantu meningkatkan produksi air liur didalam mulut sehingga bisa mengurangi bau mulut. Sekedar tambahan, pilihlah buah apel dan strawberry tapi jika tak ada buahan lain jg tak masalah.

4. Hindari Rokok
Merokok merupakan salah satu penyebab bau mulut sehingga ketika dibulan puasa sebisa mungkin untk sementara hindari rokok. Selain itu, bagi Anda yg ingin mencegah kulit keriput di usia muda maka jauhi rokok dan alkohol.

5. Hindari Makanan Yang Menyengat
Dan yg terakhir adlh kita harus menghindari makanan yg menyengat seperti bawang putih / bawang merah agar napas tetap segar saat berpuasa. Jika Anda tak bisa menghindari makanan tersebut maka sebaiknya langsung menggosok gigi sehabis mengkonsumsinya / bisa jg mengunyah beras karena cara ni terbilang ampuh untk mengurangi bau mulut secara alami.

Nah itulah 5 tips agar bau mulut tak menyengat saat puasa sehingga Anda tetap percaya diri dan orang disekitarpun merasa nyaman ketika berbicara didekat anda.

0 Response to "[Gaya Hidup] 5 Tips Agar Bau Mulut Tidak Menyengat Saat Puasa"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *