Mengapa ada DUKA ? jika BAHAGIA tercipta ?

Mengapa ada DUKA ? jika BAHAGIA tercipta ? jogjacamps.blogspot.com - Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dgn sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan..

katakanlah tak akan pernah ada satu musibah yg menimpa kita kecuali telah Allah tetapkan pd kita dan kepada Allah jualah orang-orang beriman bertawaqal (Q.S At taubah: 51)

Orang yg bahagia bukan berarti hanya siap menerima yg enak-enak, tapi jg yg eneg-eneg. Kalau yg enak sudah jelas banyak orang yg siap menerimanya, tapi yg pahit itu belum tentu. Padahal keduanya selalu mengiringi perjalanan hidup kita. Terkadang kita tertawa, terkadang kita menangis.

Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran) (Q.S Ali Imran: 140)

Hidup ni terkadang tak bisa memilih. Kita tak bisa menghindar dari bagian pahit dari kehidupan. Terkadang kita terluka, menderita, / menangis. Sebagian mendapatkan musibah yg lebih besar dari orang lain. Ada yg harus kehilangan harta, ada yg harus kehilangan orang tercinta dan bahkan ada yg harus kehilangan anggota badan, itu semua adlh bagian pahit yg harus kita terima sebagaimana kita menerima bagian yg manis dlm hidup kita.

Berbahagialah orang yg tetap tabah menghadapi berbagai musibah. Mereka adlh orang-orang yg pemberani. Orang yg pemberani bukanlah orang yg berani disaat lapang akan tetapi disaat sempit, orang yg tegar si saat susah. Marilah kita persiapkan diri untk menjadi bagian dari orang-orang yg pemberani. Caranya, hadapilah resiko kehidupan ni dgn senyuman. Senyum yg datang dari sikap bersabar dab bersyukur menerima Allah SWT.

Tidak ada satu pun penciptaan dan kejadain di dunia ni yg sia-sia. Bukan tanpa alasan Allah SWT memberikan kita aneka ragam musibah. Meskipun terkadang ada yg seketika kita dpt langsung mengambil hikmah di balik musibah tersebut, tapi terkadang kita jg kita belum memahami alasan Allah memberikan duka.

Renungkanlah ada beberapa alasan mengapa Allah memberikan musibah kepada kita :

1.AGAR SADAR BAHWA KITA ADALAH MANUSIA

Dengan adanya rasa sakit, semoga kita semua sadar betul bahwa daya tahan manusia itu terbatas. Setinggi-tinggi apapun keinginan kita, sewaktu-waktu kita harus menyadari bahwa banyak hal yg tak bisa ditolak oleh manusia.

Orang yg berjiwa positif akan berfikir sifat manusia yg lemah. Serba terbatas, serba kekurangan, dan butuh bantuan orang lain. Hatinya akan semakin halus dan tabah. Ia akan semakin tunduk pd kekuasaan Allah. Sikap sombong, takaburpun akan sirna.

2.UJI KETABAHAN BAGI KITA

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dgn sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yg sabar. (Q.S Al Baqarah: 155)

Akhir sesungguhnya dari kehidupan kita bukanlah di dunia, tapi di akhirat. Itulah balasan yg sesungguhnya bagi kita. Jadi manakala kita mengahadapi berbagai musibah, tetaplah kukuh. Jadikanlah dirimu setegar batu karang. Karena Allah tengah mempersipakan bebagai ganjaran penghargaan atas ketabahanmu.

..Sesungguhnya hanya orang-orang yg bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas(Q.S Az zumar:10)

Seiring yg membuat hidup ni terasa sulit adlh pikiran dan perasaan kita sendiri. Bukan orang lain jg bukan keadaan kita. Tengoklah ke sekeliling kita, betapa banyak orang yg masih bisa tersenyum walau didera berbagai kesusahan.

Seorang ulama member petuah kesabaran lebih tinggi daripada akal.Mengapa demikian? Tanya orang-orang kepadanya. Karena Allah menamakan diriNya dgn al-Halim (yang maha sabar) dan tak menamakannya sebagai al-Aqil (yang beraqal).

Maka, jangan iri hati pd mereka berbahagia saat diberi kenimatan, tapi cemburuilah orang-orang yg tetap kuat saat menghadapi kesulitan.

3.SEBAGAI PELAJARAN

Tidaklah Allah menciptakan kegagalan dan musibah melainkan ada hikmahnya. Dalam tiap musibah ada pelajaran yg bisa kita petik; baik untk perbaikan di masa mendatang maupun untk bisa hindari kelak.

4.MENGHAPUS KESALAHAN

Jangan terlalu bersedih saat duka mendera. Tetaplah bersabar. Pada saat itu diam-diam Allah telah mengahapus segala kesalahan-kesalahan kita. Andai kepedihan hati itu kita balas dgn keteguhan hati, maka berguguranlah dosa-dosa masa lalu.

5.MENAIKKAN PERINGKAT KITA

Kupu-kupu yg cantik, indah dan memukau awalnya hanyalah seekor ulat yg menjijikan yg banyak tak disukai oleh manusia, tapi setelah 21 hari ulat tersebut berubah menjadi kupu-kupu yg cantik nan indah, siapapun yg melihatnya terkagum-kagum.

Kita belum akan menjadi orang yg benar-benar kuat sebelum melewati berbagai ujian. Begitulah cara Allah mengokohkan prestasi kita. Allah menaikan peringkat kita dgn memberikan berbagai ujian.

Wallahu alam.

Penulis :
Teh Irma Fatmawati
- Team HomePI -

Sumber : http://percikaniman.org/detail_artikel.php?cPub=Hits&cID=535

source : http://cnn.com, http://twitter.com

0 Response to "Mengapa ada DUKA ? jika BAHAGIA tercipta ?"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *