[Kehutanan] Dinamika Lingkungan Hidup dan Pembangunan

jogjacamps.blogspot.com - Harus disadari bahwa yg hidup dibumi bukan hanya Manusia sendirian, melainkan bersama mahluk lain yaitu tumbuhan,hewan dan masih banyak organisme lainya. Mahluk hidup yg lain itu bukanlah sekedar teman yg hidup bersama dlm suatu lingkungan hidup secara netral / pasif tetapi

kehadiran mereka sangat dibutuhkan oleh Manusia sebab tanpa Mahluk hidup lain Manusia sendiri tak akan hidup. Pada hakekatnya bukan Manusia yg melestarikan lingkungan hidup tetapi lingkunganlah yg melastarikan Manusia, Manusia hanya menjaga supaya lingkungan hidup tersebut tak rusak / punah karena Manusialah yg membutuhkan lingkungan hidup demi kelangsungan hidup dan kehidupan. Coba kita bayangkan kalau didunia ni hanya terdapat Manusia, tanpa ada tunbuhan, hewan dan mikro organisme pengurai (perombak), pasti Manusia tak akan bisa hidup, tak terdapat sumber makanan yg dpt dimakan dan sisa makanan / bangkai hewanpun tak akan habis karena tak ada mikro organism sebagai pengurai.

Dinamika Lingkungan Hidup dan Pembangunan
Pembangunan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan hidup, tapi dlm Realitas yg terjadi pd interaksi (hubungan) antara pembangunan dan lingkungan hidup (Ekologi Pembangunan) tak terdapat keseimbangan dan terjadi kontradiksi,sebab Pembangunan tak saja menghasilkan manfaat tetapi jg membawa resiko. Misalnya Pembangunan bangunan-bangunan di daerah perkotaan oleh orang-orang yg memiliki kepentingan, prakteknya di lapangan adlh mereka merobohkan semua pohon-pohon yg ada padahal tanpa disadari Oksigen (O2) yg kita hirup tiap hari dihasilkan dan didistribusikan oleh pohon-pohon yg ada dlm proses respirasi (penguapan dari dlm tubuh tumbuhan) coba dibayangkan jika oksigen dibumi ni berkurang secara otomatis kita akan mengalami gangguan dlm proses metabolism dan pernapasan bahkan secara langsung kita telah merusak/menggangu habitat(tempat tinggal organisme) dari mahluk hidup yg lain, begitu jg penebangan kayu di dlm hutan baik itu secara legal maupun illegal, Devisa yg diperoleh oleh Negara sangat besar dlm mengekspor kayu keluar negeri tapi kita menghadapi resiko kepunahan hewan dan tumbuhan,bertambahnya erosi, rusaknya tatanan air dan rawan terjadinya gurun. Hal itu bisa terjadi karena para pengelola hutan belum sadar kurang kecintaanya terhadap lingkungan yaitu dgn diadakanya penanaman kembali (Reboisasi). Harus disadari sebagai mahluk yg mendiami planet Bumi problematika yg telah kita alami ni adlh tanggung jawab yg bersifat Universal, mengapa? sebab banyak orang yg berasumsi bahwa hal itu adlh masalah bagi Dinas/instansi yg terkait khusunya dibidang lingkungan hidup dan kehutanan. Sebagai seorang Mahasiswa yg berintelektual,kritis dan perduli akan kehidupan terutama untk para Rimbawan seluruh Indonesia hal ni jg harus kita angkat kepermukaan dan kedepankan untk dikaji,mencari solusi, dan merealisasikanya secara kolektif sebab yg menjadi inti masalah dlm lingkungan hidup adlh hubungan/ interaksi antara sesama mahluk hidup di alam.
Pada dasarnya pelaksanaan pembangunan dan lingkungan hidup selalu bersifat dilema dan Pandangan kita terhadap dilema ni suka berlaianan. Pada umumnya para pelaksana proyek pembangunan lebih melihat manfaatnya dan mengentengkan resikonya, karena mereka terdesak oleh Urgensi dan tekanan politik. Sebaliknya media masa dan para cendekiawan sering dpt melihat risiko yg yang tak terlihat oleh orang awam dan pelaksana pembangunan. Betapapun baik manfaat maupun risiko kita harus memperhitungkanya secara berimbang. Yang harus digaris bawahi disini adlh bukanlah membangun / tak membangun, melainkan bagaimana membangun supaya mutu dari lingkungan tetap terlestarikan dgn begitu mutu hidup terus dpt ditingkatkan. Pembangunan harus berwawasan lingkungan dan Analisis manfaat dan risiko lingkungan merupakan instrumen / alat untk pembangunan yg berwawasan lingkungan.
Hanya dlm lingkungan hidup yg optimal, manusia dpt berkembang dgn baik, dan hanya dgn manusia yg baik lingkungan akan berkembang kearah yg optimal (Otto Soemarwoto).

other source : http://atobasahona.blogspot.com, http://flickr.com, http://wikipedia.org

0 Response to "[Kehutanan] Dinamika Lingkungan Hidup dan Pembangunan"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *