[Inspiratif] Bahaya Konsumsi Minuman Dingin Saat Kepedasan

jogjacamps.blogspot.com - Makanan pedas menjadi salah satu rasa favorit orang Indonesia. Beberapa kuliner di tanah air bahkan sangat terkenal dgn kepedasannya. Rasa ni biasanya akan menimbulka sensasi panas menggigit di lidah.

Tapi bagi para pecinta pedas, hal ni tak menjadi masalah, justru semakin menambah selera untk mencoba rasa pedas dari level rendah hingga level ektrem. Uniknya semua pecinta pedas akan berprilaku sama saat kepedasan.

Bahaya Konsumsi Minuman Dingin Saat Kepedasan
Biasanya mereka akan mencari minuman baik air putih / sejenisnya untk menghilangkan panas yg membara. Tidak jarang orang akan mengonsumsi air dingin ketika sudah tak kuat lagi menahan sensasi panas menggigit tersebut. Cara ni memang cepat menghilangkan pedas, tapi hal ni bukanlah suatu langkah yg baik.

Biasanya rasa pedas dihasilkan dari makanan seperti merica, cabai dan jenis lainnya. Ketika makanan ni masuk kedalam mulut, maka akan menstimulasi daerah di rongga hidung dan faring kemudian memberikan efek panas pd permukaan lidah.

Karena tingkat reseptor tiap orang berbeda, maka berbeda pula tingkat kepedasan yg akan dirasakan seseorang. Biasanya tiap orang memiliki cara berbeda dlm menerima tingkat panas dan sakit pd rongga mulut, kerongkongan dan perut yg dihasilkan oleh makanan pedas.

Ketika mengonsumsi minuman dingin saat pedas, rasa panas pd lidah tersebut memang akan sedikit hilang. Tapi ketika efek dari dinginnya minuman tersebut hilang, maka rasa pedas akan semakin bertambah berkali-kali lipat. Baiknya saat kepedasan, seseorang mengonsumsi minuman hangat untk menghilangkan efek pedas.

Hal ni disebabkan karena makanan pedas mengandung senyawa bernama capsaicin. Ternyata air panas melarutkan senyawa pembuat pedas ni sehingga rasa pedas hilang lebih cepat. Sementara itu hilangnya efek pedas sementara saat mengonsumsi minuman dingin disebabkan karena es merupakan anestasi lokal, sehingga saat air dingin mengenai lidah, maka syaraf-syaraf pd lidah menjadi patirasa sehingga tak merasakan pedas.

Sebenarnya ada banyak cara yg dpt dilakukan untk mengeliminasi rasa pedas tersebut, seperti makan nasi putih, makan makanan / minum minuman yg mengandung lemak, seperti susu / selai kacang, minum minuman asam, konsumsi mentimun.

Oleh karenanya disarankan untk meminum minuman hangat / sedikit panas untk dpt mereduksi tingkat panas dan pedas yg ada di dlm mulut.

Walaupun belum ada bantahan / jg penelitian lanjutan akan manfaat minum minuman panas untk menghentikan sensasi panas dan kepedasan, akan tetapi dlm praktiknya, tak sedikit dari masyarakat di Indonesia yg sudah menerapkan dan menggunakan cara satu ini.

other source : http://bbc.co.uk, http://log.viva.co.id, http://9trendingtopic.blogspot.com

0 Response to "[Inspiratif] Bahaya Konsumsi Minuman Dingin Saat Kepedasan"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *