Tentang Syaum Atau Puasa - EDISI SPESIAL

Tentang Syaum Atau Puasa jogjacamps.blogspot.com - Bismillahirrahmanirrahiim...
Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam,
Puji dan syukur hanya kepada Allah Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yg setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah atas Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yg mulia serta para pengikut Beliau yg setia sampai akhir jaman. Aamiin.
Pembaca Blog Yang Setia..
Semoga pagi ni kalian sudah lebih baik dari hari-hari kemarin. Amiin. Yuk disehat-sehatkan. Dijaga pikirannya, menu makannya, dijaga agar jangan sampai kelelahan. Karena ketiga hal itu merupakan sumber penyebab utama kalian kambuh.
Alhamdulillah tadi malam saya bisa mengikuti pengajian tentang Syaum / Puasa yg diberikan oleh Ustadz Sartu dari Purworejo. Ini nih oleh-oleh dari pengajian beliau, saya bagikan kepada kalian yg tak bisa pergi kemana-mana, apalagi untk mengaji. Semoga manfaat yah ? Tentu sebatas apa yg mampu saya serap.
Sebentar lagi memasuki Bulan Suci Ramadhan. Bulan yg selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh Umat Islam yg Taat. Sebab masih banyak Umat Islam yg tak / belum taat. Yang cuek dgn datangnya bulan Suci ni dan membiarkannya lewat tanpa makna dan tanpa berbuat sesuatupun !
ARTI SYAUM / PUASA adlh Menghindari hal-hal yg merusak seperti halnya : marah, bergunjing, mencaci, menipu, mengkonsumsi barang-barang haram, mengambil milik orang lain yg bukan hak, berzina, minum narkoba, korupsi dan semua hal yg mengarah kepada perbuatan-perbuatan yg berdosa serta mendatangkan maksiat. Sebab dosa / maksiat akan membuat murka Allah SWT. dan membuat kita jauh dari Ridho serta RahmatNya.
Puasa menurut orang Jawa artinya adlh "tirakat". Tirakat bagi orang Jawa jg bermaksud untk menggapai Ridho Allah SWT. dgn mepes hawa nafsu (mengekang hawa nafsu).
Puasa yg lazim dilakukan dlm adat Jawa adlh puasa mutih dgn tak makan sesuatu yg mengandung garam / gula, Puasa ngebleng yg biasa dilakukan selama 24 jam baru berbuka, Puasa Ngrowot dgn hanya makan daun-daunan dan menghindari makanan yg mengandung nyawa artinya tak makan telur dan daging-dagingan, Puasa Pati geni adlh puasa yg dilakukan dlm 24 jam / dlm 72 jam tak makan dan tak minum, tak tidur berada dlm kamar yg gelap gulita tanpa cahaya apapun.
Tirakat bagi orang Jawa masih banyak lagi jenisnya yg lain, seperti tirakat Topo kungkum yaitu merendam di kali yg kalau malam airnya begitu dingin menusuk tulang, karena saya sendiri waktu kecil seumuran SD sering ikut bapak / kakak gogoh (mencari ikan) di lubang-lubang dipinggir kali, / di bawah bebatuan kali, yg biasanya untk sembunyi ikan-ikan / udang-udang kecil di malam hari. Jadi tahu bahwa ternyata suhu air sungai di siang hari dgn malam hari seperti bumi dgn langit, sangat drastis bedanya. Jika siang hari airnya hangat terkena sinar matahari, maka pd malam hari airnya bisa dingin sekali bagai air kulkas !
Nah saya jg tangannya pernah digigit ular sawah gara-gara ikut mencari belut di sawah pd malam hari. Konon, ketika mencari belut pd malam hari, tanda-tanda dimana ada belutnya jika di suatu tempat di sawah itu ada gelembung-gelembung udara yg menyembul dari dlm sawah.
Saya ketika itu melihat dari pinggir galengan (pematang sawah) ada gelembung-gelembung udara muncul didekat kaki saya di pinggir pematang. Kontan saja saya jongkok, kemudian tangan saya, saya masukkan di sawah di bawah gelembung-gelembung udara yg tadi muncul. Oleh tangan saya terpegang belut. Saya pikir itu adlh belut. Tiba-tiba ujung jempol tangan saya digigit oleh belut itu, kontan saja tangan saya tarik sekuat-kuatnya dari lubang tempat persembunyian belut itu, karena kaget dan terasa sakit, perih !
Ketika tangan saya angkat, belut itu masih menempel dlm gigitan di tangan saya. Lalu saya tepiskan tangan saya agar belut itu terlepas dari tangan saya. Setelah terlepas, belut itu jatuh ke tanah, lho kok ia lari cepat sekali di tanah dan segera menghilang di bawah sinar lampu neon belakang rumah orang. Ternyata yg menggigit saya tadi bukan belut melainkan ular. Mengetahui hal itu saya segera menyedot jari tangan saya yg luka kecil mengeluarkan tetesan darah dgn mulut saya. Berkali kali supaya bisa ular itu segera keluar dari tubuh saya. Siapa tahu ular itu berbisa !
Saya lega karena sudah cukup banyak darah yg saya keluarkan dari jari tangan saya. Alhamdulillah ternyata ular itu bukan ular yg berbisa, mungkin hanya sejenis ular sawah yg menggigit ujung jari saya karena kaget ketika saya gogoh tadi. He he. Itulah sekilas pengalaman masa kecil saya. Sejak itu saya tak lagi doyan makan belut ! meskipun rasanya gurih sekali.
Lalu masih ada lagi tirakat bagi orang Jawa, yaitu topo mendem dengan dipendam seluruh anggota badannya dlm lubang seperti untk mengubur jenazah, semua ditutup dgn tanah persis seperti mengubur jenazah, lalu antara lubang yg untk bertapa dgn atas diberi selang sebagai lubang udara untk bernafas. Ya Allah...ada ada saja...
Kembali ke hal tentang Ramadhan. Ramadhan sendiri berarti pembakar. Pembakar yg paling dahsyat, bagaikan panasnya sinar matahari yg mampu melumatkan apa saja ! Sehingga Puasa Ramadhan dimaknai sebagai Suatu kegiatan dgn menghindari hal-hal yg merusak untk membakar dosa-dosa. Hanya Puasa Ramadhanlah Pembakar dosa yg paling dahsyat, tak ada selainnya.
Menurut pengakuan Aisyah Ra. isteri Rasul SAW, Rasul SAW. tak pernah melakukan puasa satu bulan penuh kecuali pd Bulan Ramadhan.
Benar sekali kalau Puasa Ramadhan dikatakan sebagai Tirakat untk membakar dosa, yg paling dahsyat, karena dlm bulan suci Ramadhan dicurahkan Rahmat Allah sebanyak-banyaknya, ampunan Allah seluas-luasnya, dan kesempatan menggapai terbebas dari api neraka dibukakan oleh Allah selebar-lebarnya untk Umat Rasulullah SAW.
Puasa Ramadhan adlh ibadah yg suci, jadi jangan dikotori dgn perbuatan yg merusak dan maksiat.
Puasa Ramadhan ada yg menerimanya dgn gembira, ada pula yg bersedih hati ada pula yang tak peduli.
Yang menerimanya dgn penuh kegembiraan adlh orang-orang Islam yg taat kepada Allah SWT dan mencintai Rasulnya. Yang mengerti betapa tinggi makna yg ada dlm bulan Ramadhan. Banyak berkah, banyak ampunan dan terbuka kesempatan untk mendapatkan kebebasan dari api neraka.
Gembira karena pd bulan suci Ramadhan semua ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Ibaratnya semua perbuatan baik dihamparkan pahalanya berlipat-lipat oleh Allah SWT bagi Umat Islam yg mau menjalaninya. Semakin takzim menjalaninya tentu akan semakin bagus pahalanya disisi Allah SWT. bukan saja untk dunianya, terlebih untk akheratnya. Subhanallah.
Untuk itu marilah kita, Umat Muslim, yuk kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya guna menyambut bulan suci Ramadhan yg selalu kita tunggu-tunggu ini.
Datangnya bulan suci Ramadhan jg ada yg sedih menerimanya, adlh bagi orang-orang Islam yg sedang menderita sakit sehingga benar-benar fisiknya tak mampu menjalaninya. Tetapi janganlah kalian yg sedang sakit menangisi hal ni sedemikian rupa, karena Allah Maha Pengampun. Bermohonlah ampun yg setulus-tulusnya, yg sekhidmat-khidmatnya kepada Allah SWT. jika kalian pd akhirnya nanti tak bisa menjalani puasa Ramadhan ini.
Ada beberapa cara yg diberikan Allah untk menggenapi puasa kalian yg tak mampu menjalaninya. Semua sudah diatur dlm hukum-hukum fiqih yg tak perlu membuat kalian yg sedang sakit berkecil hati.
Puasa sendiri dibagi menjadi 3 macam :
  • 1). Puasa Wajib meliputi : Puasa Ramadhan, Puasa Kifarat, Puasa Denda, dan Puasa Nadzar (puasanya orang-orang pelit beribadah, mau puasa kok menunggu anak lulus ujian, suami naik pangkat dan sebagainya).
  • 2). Puasa Sunnah : Puasa 6 hari di Bulan Syawal, Puasa Senin Kamis adlh puasa yg bisa mendatangkan ampunan, Puasa Dawud adlh puasa sunnah yg banyak fadhol / manfaatnya. Puasa 3 hari / puasa mutih (puasa ketika pd malam harinya bulan memutih cahayanya disaat terang tak hujan) ditengah bulan Qomariyah (yaitu tanggal 13, 14 dan 15), Puasa di Bulan Muharram pd tanggal 9 dan 10 Muharram, dan Puasa Sya’ban.
  • 3). Puasa yg diharamkan adlh pd Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, puasa pd hari Tasrik (tanggal 11, 12 dan13 pd bulan Dzulhijjah), Puasa yg terus menerus, Puasa yg hari Jumat saja / hari Sabtu saja hukumnya Makruh.
Dasar Hukum Berpuasa :
  • Hai orang-orang yg beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa (QS:Al Baqarah 183).
Dalam hal berpuasa, semua agama mewajibkan umatnya berpuasa. Hanya caranya berbeda-beda. Ada agama yg mewajibkan dlm 40 hari tak makan makanan yg disenangi. Ada agama yg mewajibkan berpuasa selama 40 dari makanan yg mengandung nyawa. Dan lain sebagainya.
Yang Terkena Wajib Berpuasa Ramadhan adlh :
  1. Orang yg beragama Islam.
  2. Berakal Sehat.
  3. Telah Baliq / dewasa.
  4. Sehat Jasmani.
  5. Orang yg bermukim.
  6. Wanita yg sedang tak berhalangan / menstruasi.
  7. Orang yg sedang tak bepergian.
Yang tak terkena wajib berpuasa Ramadhan adlh :
  1. Orang Kafir.
  2. Orang Gila.
Yang wajib berbuka dan wajib mengqadla, adlh wanita yg berpuasa lalu ketika berpuasa datang menstruasi.
Orang yg boleh berbuka dan membayar fidiyah adalah :
  1. Orang yg sudah tua.
  2. Orang yg sakit yg sudah tak ada harapan sembuh.
  3. Karyawan / buruh yg bekerja sangat berat.
  4. Orang yg sedang hamil.
Orang yg boleh berbuka pd saat yg telah ditentukan adlh orang yg sedang berpuasa karena imannya.
Beberapa amalan utama dari Ibadah Puasa Ramadhan :
  • Mempercepat berbuka apabila telah diketahui secara jelas bahwa matahari telah terbenam.
  • Setelah berbuka hendaknya segera diikuti dgn membaca doa.
  • Membaca Ayat-ayat Suci Al Qur’an.
  • Mengerjakan shalat tarawih dan qiyamur Ramadhan / shalat malam.
  • Meningkatkan ketekunan beribadah pd 10 hari yg terakhir di bulan Ramadhan.
  • Memperbanyak doa kepada Allah SWT.
Doa yg pasti dikabulkan oleh Allah SWT adlh :
  • Doa yg disampaikan ketika sedang berpuasa.
  • Doa seorang pemimpin yg adil. Marilah kita doakan agar Presiden kita Bapak Jokowi bisa menjadi pemimpin yg adil, dan mendoakan kita semua agar menjadi masyarakat yg beriman serta tawakkal kepada Allah SWT.
  • Doa Orang yg Teraniaya.
Allah SWT telah menjanjikan bahwa siapapun yg berdoa kepada Allah SWT. tentu akan dikabulkan. Tapi ada yg segera dikabulkan, ada yg ditunda, dan ada yg diganti oleh Allah dgn sesuatu yg lebih baik.
Keutamaan Puasa Ramadhan :
  • Allah SWT. menyediakan pahala besar dan ampunan pd bulan Ramadhan.
  • Jika shalat dan puasanya benar maka akan mendapat ampunan dari Allah SWT.
Buah dari Taqwa adlh :
  • Mendapatkan Sikap Furqon.
  • Furqon adlh mengetahui baik dan buruk, bisa membedakan yg hak dan yg batil. Sehingga hidup kita akan selalu terarahkan kepada jalan yg lurus, yg suci dan penuh keberkahan.
  • Mendapatkan limpahan berkah dari langit dan bumi. Karena tiap makhluk yg ada di bumi maupun yg ada di langit termasuk para malaikat Allah akan selalu mendoakan orang-orang yg taqwa kepada Allah SWT.
  • Mendapat jalan keluar dari tiap kesulitannya. Jika mempunyai kesulitan tentu akan diberikan jalan keluar oleh Allah SWT. Allah akan selalu menolongnya dlm tiap keadaannya.
  • Medapatkan rejeki yg tak diduga-duga. Orang yg taqwa sering mendapatkan rejeki yg tak diduga-duga sehingga hatinya sering takjub serta selalu bersyukur kepada kebesaran Allah SWT.
  • Mendapat kemudahan dlm segala urusannya. Orang yg bertaqwa selalu diberikan kemudahan dlm segala urusannya. Jadi berusahalah agar kita bisa menjadi orang yg bertaqwa.
  • Mendapat penghapusan dosa serta ampunan serta dimasukkan dlm surgaNya Allah SWT. Inilah yg sangat kita harapkan baik untk kehidupan kita didunia, apalagi untk kehidupan kita yg akan kekal selama-lamanya di akherat nanti.
Demikian Tentang Syaum Atau Puasa, semoga bermanfaat. Semoga kita semua Umat Muslim bisa melaksanakan Puasa Ramadhan dgn sebaik-baiknya Amiin Ya Rabbal'Alamiin..
Alhamdulillahirabbil’alamiin.
Salam Penulis, Niniek SS

other source : http://solusi-sakit-maag.blogspot.com, http://viva.co.id, http://pinterest.com

0 Response to "Tentang Syaum Atau Puasa - EDISI SPESIAL"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *