[Resep daging] Resep Kue Talam Enak

Resep Kue Talam Enak jogjacamps.blogspot.com - Kue talam adlh salah satu jenis kue tradisional indonesia yg rasanya enak dan lezat, teksturnya yg lembut membuat orang merasa lapar ketika melihatnya. kue talam jg termasuk kue basah yg tak tahan lama bila di simpan berhari-hari dan umumnya kue ni sangatlah mudah di temukan di bulan puasa sebagai menu buka puasa anda, tapi karena rasanya yg enak dan termasuk jenis kue yg terpopuler untk hidangan berbuka puasa selain resep cara membuat kue lumpur dan resep kue cubit enak dan empuk. walaupun demikian resep kue talam jg rasanya tak kalah naknya dgn dua kue tersebut, cara buatnya jg sama-sama mudah dan peminatnya jg sama-sama dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa suka dgn menu yg satu ini.

Kue talam sendiri biasanya menggunakan bahan dasar dari ubi baik dari ubi jalar warna ungu maupun merah dan lainnya, tapi yg kita pelajari hari ni adlh membuat kue talam dgn bahan dasar ubi merah yg tentu jg di padukan dgn beberapa bahan seperti santan dan tepung. proses memasaknyapun tidakt erlalu ribet hanya dgn cara mengkukusnya saja. teksturnya yg lembut dan agak kenyal seperti halnya resep kue ku isi enak. dari pd menambah rasa penasaran anda, yuk di simak cara buatnya.


===============
Bahan Kue Talam :
===============
1/4 kg ubi jalar merah, haluskan
400 ml santan encer
200 gram gula pasir
125 gram tepung sagu
125 gram tepung beras
200 ml air panas
1 bks vanili
1/4 sendok teh garam
=============
Bahan Lapisan :
=============
300 ml santan kental
50 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
1 bks vanili
garam secukupnya, sedikit aja

=====================
Cara Membuat Kue Talam :
=====================
1. Kukus ubi jalarnya kemudian kupas dan haluskan terlebih dulu. campurkan air panas dan tepung berasnya jadi sati hingga larut dan rata. tambahkan ubi jalar merah yg telah di haluskan dan garam ke dlm adonan.
2. Tuangkan tepung sagu dikit demi sedikit sambil di aduk rata. kemudian tambahkan pula dgn santan encer, vanili dan gula pasir. aduk sampai tercampur kemudian saring adonannya.
3. Panaskan kukus, kemudian olesi cetakan kuenya dgn sedikit minyak goreng dan masukkan 3/4 bagian adonan bahan satu ke dlm cetakannya. kukus sampai matang dan kaku kurang lebih 10-15 menitan.
4. Menunggu matang bisa mencampurkan semua bahan lapisan menjadi satu. aduk sampai semuanya tercampur rata dan kental.
5. Setelah kukusan cetakan pertama matang tuangkan bahan lapisan di atas adonan pertama hingga cetakan terpenuhi. kukus kembali selama 10 menit (lakukan hingga semua adonannya habis).
6. Hidangkan.

Keterangan :
- untk ubi jalarnya bisa menggunakan ubi selain mera seperti ubi ungu. dan ketika proses mengkukus sebaiknya di beri kain agar air tak menetas / jatuh ke dlm adonan kue-keunya.

0 Response to "[Resep daging] Resep Kue Talam Enak"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *