[Resep daging] Resep Rawon Enak

Resep Rawon Enak jogjacamps.blogspot.com - Surabaya memang kaya akan kulinernya seperti ayam penyet, jajanan ote-ote / bakwan dan bahkan aneka kue jg ada. Nah yg akan kita pelajari tentang kuliner khas surabaya hari ni adlh bagaimana membuat rawon dgn rasa enak dan spesial tentunya segar dan lezat ketika di nikmati. sebelumnya apa itu rawon? Rawon adlh salah satu masakan nusantara yg sudah ada sejak zaman dahulu, makanan yg satu ni lebih dikenal dgn nasi rawon khas suroboyo karena memang rawon sendiri berasal dari kota surabaya jawa timur tak hanya itu karena rasanya yg enak dgn kandungan kluwek yg lezat tentu masakan yg satu ni mudah di terima lidah semua orang di indonesia.

Pada dasarnya rawon sendiri adlh salah satu hdangan daging sup berkuah coklat kehitaman yg di padukan dgn bumbu-bumbu rempah khas indonesia dan sudah familiar bagi yg suka di dapur. warna gelap kuah nya tentu berasal dari kluweknya, untk mencari kluwek yg enak bisa terbilang gampang-gampang susah karena memang menurut orang dulu di cicipi terlebih dahulu sebelum membelinya. tenang saja walaupun susah masih banyak jalan untk menggantinya seperti bumbu sachetan yg terkenal adlh Bamboe Bumbu Rawon harganya jg hemat dan murah. tapi alahkah baiknya memang asli menggunakan bumbu-bumbu rempah dan kluwek yg khas untk buat rawon. beberapa waktu sebelumny ada jg resep semur kambing, resep sate kambing empuk dan bahkan ayam bumbu bali jg ada, kalian semua jg dpt mencobanya satu persatu untk di jadikan menu harian anda dlm memasak.


=============
Bahan Rawon :
=============
1 1/2 liter air
250 gram daging sapi segar tanpa tulang
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 batang daun bawang
2 buah cabai merah
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
3 buah kemiri
3 cm lengkuas
2 buah kluwek
1 cm kencur
1 sendok makan ketumbar
1 sendok makan air asam jawa
2 cm jahe
2 batang sereh
2 cm kunyit
1/2 sendok makan terasi udang
1 sendok makan gula jawa
1/4 sendok makan gula pasir
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya
minyak goreng secukupnya

===================
Cara Membuat Rawon :
===================
1. Rebus daging sapi tanpa tulangnya dgn air secukupnya saja hingga daging berubah warna dan matang, setelah itu tiriskan dan sisihkan.
2. Iris tipis bawang putih, bawang merah, daun bawang, cabai dan daun bawang. setelah itu panaskan sedikit minyak menggunakan api sedang.
3. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri, lengkuas, kluewek, kencur, ketumbar, terasi, jahe dan sereh beserta kunyit. tumis sampai harusm tambahkan air asam jawa, irisan daun bawang, daun jeruk dan daun salam, aduk sebentar hingga layu.
4. Masukkan daging sapi ke dlm tumisan aduk-aduk hingga semua bumbu meresap. matikan kompor dan sisihkan sebentar.
5. Sementara itu ambil panco / presto rebus 1 1/2 liter air. setelah mendidih masukkan bumbu yg telah di masak tadi ke dlm panci mendidih. aduk merata dan tambahkan dgn sedikit bumbu seperti gula pasir, gula jawa, garam, merica bubuk.
6. Masak sampai matang dan tutup presto kurang lebih selama 10 hingga 15 menit.
7. Hidangkan selagi hangat dgn nasi putih.

other source : http://pinterest.com, http://jawaresep.blogspot.com, http://cnn.com

0 Response to "[Resep daging] Resep Rawon Enak"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *