[Kehutanan] Hutan dan Tata Air

jogjacamps.blogspot.com - Hutan sebagai sumber kehidupan, banyak orang yg telah mengetahui bahwa salah satu fungsi hutan yaitu sebagai pengatur tananan air untk kehidupan makhluk hidup. Namun, banyak jg hanya sekedar mengetahui dan kurang memahami bagaimana proses terjadinya hal itu sehingga hutan dpt dikatakan sebagai pengatur tananan air, apalagi pd hutan dgn status kawasan lindung. Kesadaran yg baik didukung oleh pemahan yg baik dan benar, karena pd dasarnya manusia akan menyadari segala sesuatu itu benar / salah jika manusia itu telah sangat memahami hal itu, Misalnya orang akan senang dan selalu melindungi hutan jika pemahaman tentang fungsi dan manfaat hutan itu luas sehingga akan dpt meningkatkan rasa cintanya terhadap hutan dan lingkungan hidup. Begitu pula sebaliknya orang yg kurang pemahanya terhadap hutan maka dpt mempengaruhi tingkat kesadaranya dlm merawat dan melindungi hutan itu sendiri.

Mungkin alangkah baiknya dlm pembahasan kali ni kita sedikit melihat kembali siklus / pergerakan air yg terjadi di bumi agar disamping membahas hutan sebagai pengatur tata air kita jg sedikit mengetahui tentang siklus air yg terjadi di bumi sehingga semakin menambah pengetahuan kita agar dpt memupuk rasa kesadaran dlm diri kita.

Hutan dan Tata Air
Siklus air yg terjadi di bumi yaitu :
1. Evaporasi
Evaporasi adlh penguapan air pd permukaan bumi, permukaan bumi yg dimaksudkan disini adlh lautan, sungai, permukaan tumbuhan dan termasuk jg pd benda-benda di bumi.
2. Transpirasi
Transpirasi adlh penguapan air yg terjadi dari dlm tubuh tumbuhan, yg maksudkan dari dlm tubuh tumbuhan adlh air yg penguapanya melalui stomata pd daun. Tumbuhan menyerap air dari dlm tanah yg kemudian digunakan untk oleh tumbuhan dlm dalam proses pertumbuhan dan perkembangan dan kemudian di buang sebagian ke udara lewat stomata pd daun sehingga di sebut transpirasi.
3. Kondensasi
Kondensasi adlh proses perubahan wujud air dari dari uap menjadi cairan. Kondensasi berlangsung selama air menguap ke atmosfer bumi.
4. Presipitasi
Presepitasi adlh proses jatuhnya air ke bumi. Pada iklim topis seperti di Indonesia disebut hujan sedangkan untk iklim non tropis disebut salju.
5. Infiltrasi
Infiltrasi adlh proses masuknya air memalui permukaan tanah
6. Perkolasi
Perkolasi adlh proses pergerakan air di dlm tanah yg melewati berbagai lapisan tanah
Nah di atas adlh sedikit pengertian dan penjelasan mengenai proses pergerakan air di bumi, sekarang beralih pd hutan sebagai tata air. Proses terkahir dlm siklus air yaitu perkolasi di atas maka air kemudian mengalir sampai pd lapisan tanah paling bawah yg sering di sebut air tanah.
Hutan adlh kumpulan dari vegetasi berkayu / pohon. Seperti yg kita ketahui pohon memiliki akar yg dlm baik akar banir maupun tunggang, perakaran dari pepohonan yg terdapat di hutan akan membentuk banyak pori-pori di dlm tanah sehingga air yg masuk kedalam tanah baik infiltrasi maupun perkolasi akan tersimpan didalam beribu pori-pori tanah yg terjadi akibat pertumbuhan akar pepohanan tersebut.
Air akan tertahan pd pori-pori tanah sehingga ketersedian air pd hutan akan bertahan lama dan air pd pori-pori tanah itulah yg menjadikan hutan sebagai pengatur tata air. Jika air tak berada pd pori-pori tanah maka proses perkolasi / siklus air akan berlangsung secara singkat dan ketersediaan air pd tanah akan cepat berkurang / tak bertahan lama dlm memenuhi kebutuhan makhluk hidup di bumi. Di samping itu jg dgn banyaknya pohon di hutan maka akan membentuk kanopi / tajuk yg luas dan hal itu dpt menahan / memperlambat air yg jatuh ke tanah dalalm proses presipitasi.
Hutan yg memilki fungsi sebagai pengatur tata air adlh hutan lindung dan hutan lindung biasanya berada pd ketinggian / pd kemiringan sekitar 45 derajat. Selain hutan lindung semua kategori hutan jg memiliki fungsi yg sama baik hutan produksi, produksi terbatas dan kawasan konservasi, tapi hutan lindunglah yg memiliki peran utama dlm mengatur tata air sebab penetapan kawasan hutan lindung berada pd ketinggian tertentu berdasarkan ketinggian topografi suatu daerah.
Jadi betapa pentingnya keberadaan hutan dlm menopang kehidupan makhluk hidup sehingga kesadaran-kesadaran akan perlindungan hutan selalu di sampaikan baik lewat media cetak, media elektronik dan dlm bentuk sosialisasi. Air sebagai sumber kehidupan akan tetap tersedia sepanjang musim sebab kalau hutan mengalami kerusakan maka fungsi hutan sebagai pengatur tata air akan terganggu dan dampak yg nyata adlh terbatas ketersediaan air bahkan banjir pun akan terjadi. Pada musim hujan sangat banyak ketersediaan air bahkan sampai terjadinya banjir dan pd musim kemarau kekurangan air. Bila hutan terjaga maka kita akan terhindari dari kekurangan dan kelebihan air, kenapa kelebihan air bermsalah yaitu tadi banjir menjadi masalah. Jika hutan terjaga maka pd musim hujan kita mendapatkan ketersediaan air yg cukup dan pd musim kemarau kita jg mendapat ketersedian air yg lewat air-air yg tersimpan pd pori-pori tanah yg dibuat oleh perakaran pepohonan di hutan khususnya hutan lindung dan yg pastinya kita akan terhindar dari kelebihan air dan kekurangan air.
Semoga sedikit tulisan ni bisa bermanfaat untk kita semua dlm memahami betapa pentingnya keberadaan dan keletarian hutan dlm menunjang kehidupan kita khususnya ketersediaan akan air sebagai sumber kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Jika ada yg terdapat kesalahn / kekeliruan pd tulisan silahkan ni silahkan berkomentar pd kotak komentar dibawah agar kita bisa bersama-sama memperbaiki dlm proses share / diskusi kita. Terima kasih telah membaca hehe

other source : http://google.com, http://atobasahona.blogspot.com, http://bbc.co.uk

0 Response to "[Kehutanan] Hutan dan Tata Air"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *