Cara aman makan daging sapi - Tips Kesehatan

jogjacamps.blogspot.com - Cara aman makan daging sapi - Daging merah merupakan makanan favorit bagi tiap orang karena rasanya yg lezat selain itu merupakan sumber protein hewani yg baik jg untk tubuh, tapi mengkonsumsi daging merah berlebihan justru akan menimbulkan efek yg tak baik untk kesehatan.

Banyak menu makanan yg tentunya mengandung bahan dasar daging merah yaitu daging sapi / daging kambing seperti soto, rawon, gulai, semur, steak dan masih banyak menu masakan yg menggunakan bahan dasar daging merah yg pastinya sangat menggugah selera kita, tapi jika kita terlalu sering dan berlebihan dlm mengkonsumsinya maka tentunya akan menimbulkan efek negatif untk kesehatan karena dpt menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, stroke dan jantung.

Daging merah berasal dari hewan berdarah panas dan suhu tubuh hewan ni lebih tinggi daripada manusia dan kandungan lemak jenuh dlm daging hewan ni akan berbahaya untk kesehatan karena saat lemak jenuh masuk ketubuh manusia yg memiliki suhu tubuh lebih rendah maka lemak tersebut akan mengental dan ni akan menimbulkan masalah untk jangka waktu yg lama.

Cara aman makan daging sapiBeberapa tips agar daging yg kita konsumsi lebih aman untk dikonsumsi:
  • Saat anda hendak membeli daging pandai-pandailah memilih daging yg masih baik yaitu daging yg masih segar dan baru serta pilihlah daging yg memiliki sedikit kandungan lemaknya.
  • Pilihlah daging yg tak mengandung lemak, anda bisa minta kepada penjualnya untk memilihkan daging yg tanpa lemak / jika anda tak mau repot anda bisa membelinya di supermarket yg besar biasanya sudah tersedia dgn label tanpa lemak.
  • Jika daging yg anda beli ternyata mengandung lemak, anda bisa membuang bagian daging yg berlemak tersebut dgn pisau yg tajam sebelum anda mengolah dan memasak daging tersebut.
  • Sebaiknya daging direbus / dipanggang hindari menggoreng daging dgn minyak goreng karena akan meningkatkan kadar lemak serta kolesterol, jika anda ingin menggoreng daging lebih baik menggunakan minyak zaitun memang agak mahal tapi sangat baik untk mengatasi kolesterol.
  • Daging yg dipanggang biasanya akan mengeluarkan minyak maka anda bisa mengurangi kelebihan minyak tersebut denggan menggunakan tisu minyak supaya kadar minyak dari daging yg dipanggang bisa banyak berkurang.
  • Sebaiknya anda tak terlalu sering dan berlebihan dlm mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging kambing / daging merah lainnya, dgn anda membatasi mengkonsumsi daging merah berlebih maka bagus jg untk kesehatan.
Beberapa efek negatif yg ditimbulkan oleh karena mengkonsumsi daging merah berlebihan:
  • Susah BAB, untk anda yg sering mengkonsumsi daging merah maka akan membuat terganggunya proses pencernaan dlm usus sehingga akan menimbulkan terganggunya proses BAB, jika sisa makanan terlalu lama berada dlm usus makas sisa makanan tersebut akan membusuk dan menimbulkan racun sehingga dpt mempengaruhi kesehatan tubuh kita.
  • Beresiko terkena penyakit jantung dan stroke, jika anda sering mengkonsumsi daging merah maka anda harus berhati-hati karena lemak jenuh dari daging merah akan masuk dlm darah dan kemungkinan akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke, ni disebabkan oleh karena darah menjadi mengental akibat dari masuknya lemak jenuh ke dlm darah.
  • Kegagalan fungsi organ, akibat dari darah yg mengental karena lemak jenuh dlm darah membuat suplay oksigen dan jg nutrisi ke seluruh tubuh akan terganggu dan jika berlanjut terus menerus maka dpt mengakibatkan terjadinya kegagalan fungsi organ tubuh.
  • Mengalami keropos tulang, kandungan lemak jenuh dlm daging merah selain membuat darah menjadi kental jg membuat darah menjadi asam, maka tulang bekerja keras untk menetralisir keadaan tersebut dgn melarutkan kalsium dlm darah dan untk jangka panjang maka dpt mengakibatkan tulang mengalami keropos / osteoporosis.
  • Meningkatkan resiko terjadinya kanker prostat, untk para pria sebaiknya lebih berhati-hati untk tak terlalu berlebihan mengkonsumsi daging merah karena dpt menimbulkan penyakit kanker prostat, daging merah yg dimasak / digoreng dgn suhu tinggi akan menghasilkan senyawa olycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs) dan heterocyclic amines (HCAs) yg sudah terbukti lewat penelitian dpt menyebabkan penyakit kanker diantaranya penyakit kanker prostat.
  • Mengandung mikroorganisme, daging merah sangat mudah terkontaminasi dibandingkan dgn biji-bijian, sayuran atupun buah-buahan, jika daging tak dimasak dgn cara yg benar ataupun kurang matang akan beresiko terkena penyakit yg disebabkan oleh karena mikroorganisme dlm daging yg masuk ke dlm tubuh kita seperti E. coli dan salmonella.
Itulah artikel mengenai "Cara aman makan daging sapi" yg mudah-mudahan bisa bermanfaat karena meskipun daging merah mengandung protein dan baik untk tubuh tapi jika kita terlalu berlebihan dlm mengkonsumsinya bukan sehat yg didapat malah akan menimbulkan berbagai penyakit, oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dlm mengkonsumsinya agar tubuh kita tetap sehat.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara aman makan daging sapi - Tips Kesehatan"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *