[Ayam] Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)

Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
jogjacamps.blogspot.com - Memang tak afdol rasanya jika menyantap masakan Thailand tanpa aroma daun rempah seperti serai, daun jeruk purut dan daun ketumbar yg kuat. Untuk dua rempah di depan yg saya sebutkan memang tak pernah saya lupakan jika membuat tom yum / kari Thai di rumah, tapi daun ketumbar sering saya skip karena enggan membelinya. Harga daun ketumbar menurut saya tak murah dan seringkali ikatan yg dijual di supermarket sangat jumbo sehingga akan banyak yg terbuang jika saya nekat membelinya. Tapi kemarin ketika iseng melihat-lihat sayuran segar di sebuah supermarket, saya melihat untaian daun ketumbar dgn ikatan yg lebih kecil, harganya pun nyaman bagi kantung saya. Jadi tanpa pikir panjang saya masukkan dua ikat daun ke dlm kantung belanja. Perkara masakan apa yg akan saya bubuhkan dgn daun yg beraroma unik ni akan saya pikirkan nanti. Tapi ada dua resep yg sebenarnya telah lama menari-nari di dlm benak saya untk dicoba, sup ayam asam pedas dan kari merah a la Thai. Hmm, sepertinya akan menjadi petualangan kuliner berikutnya yg menakjubkan. Lebay dot com! ^_^

Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
Membuat sepanci sup ayam nan sedap dgn gaya Thailand seperti ni sangatlah mudah plus murah, dan rasanya saya jamin tak kalah dgn dengan yg biasa anda santap di resto. Masakan Thai umumnya simple, ringan dan segar. Khusus untk sup, semua bahan cukup anda cincang, iris dan rebus. Selain rempah, bumbu lain yg anda wajib sediakan untk membuat rasa sup yg anda hasilkan sedikit berbeda dgn sup asam lainnya adlh kecap ikan (fish sauce; Thai: nam pla; Vietnam: nuoc mam). Fish sauce ni bercita rasa seafood dan asin sehingga jika anda telah menggunakannya maka berhati-hatilah dgn takaran garam yg anda bubuhkan di masakan. Ada banyak ragam merk kecap ikan di pasaran, anda bisa mengeceknya di bagian bumbu-bumbu saus di supermarket. Biasanya bersanding dgn kecap manis, saus tiram dan rekan-rekannya, harganya tergantung dari kualitasnya. Tidak ada merk spesifik yg saya rekomendasikan, saya biasanya memilih dengam botol kecil karena saus ni hanya saya perlukan kala demam sup Thai tiba.

Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
Daun Ketumbar

Gambar di atas adlh pohon ketumbar (Coriandrum sativum). Masyarakat Latin Amerika menyebutnya dgn nama cilantro sedangkan di Timur Tengah dan Asia Tenggara biasa dikenal dgn nama coriander. Semuanya merupakan tanaman yg sama. Tampilannya mirip dgn daun seledri dgn ukuran daun yg lebih kecil, tipis dan lunak, dgn warna yg lebih hijau cerah. Aromanya jauh berbeda dgn seledri, banyak yg tak menyukai bau-nya yg aneh (beberapa menyebutnya seperti bau sejenis serangga), tapi percayalah daun ni yg membuat semangkuk tom yum menjadi terasa spesial dan berbeda.

Lantas apa hubungannya daun ketumbar dgn biji ketumbar yg selama ni menjadi bumbu di dapur? Sama. Biji ketumbar merupakan buah tanaman Coriandrum sativum, dan umum menjadi bumbu di dapur Indonesia dan berbagai negara lainnya, tapi di negara kita daunnya jarang untk dimanfaatkan. Di Thailand, bahkan akar ketumbar yg berwarna keputihan jg dimanfaatkan sebagai salah satu komponen bumbu, misalnya digunakan di dlm resep kari merah. Nah karena kari merah merupakan salah satu target resep yg akan saya coba berikutnya, maka beberapa akar sementara saya selamatkan di kulkas. Next trial saudara-saudara.

Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
Beberapa waktu yg lalu saya iseng-iseng menebar segenggam biji ketumbar kering yg saya beli di pasar di sebuah pot berisi kompos, sayangnya tak ada satupun biji yg berkecambah. Mungkin benih di dalamnya telah mati karena waktu simpan yg terlalu lama / penyebab lainnya, tapi yg jelas saya masih penasaran untk mencobanya kembali. Tapi kemarin beberapa akar ketumbar plus sedikit batangnya nekat saya tanam di sebuah pot kecil dan saya letakkan di teras di depan rumah. Bagaimana perkembangannya akan laporkan ke anda jika usaha saya berhasil. ^_^

Kembali ke sup ayam asam pedas yg kali ni saya posting. Untuk jamurnya saya menggunakan jamur segar champignon, anda bisa menggantinya dgn jamur merang / jamur kancing, baik dlm kondisi segar maupun kalengan. Rasa sup ayam ni sungguh, sungguh lezat dgn banyak daun ketumbar yg saya cemplungkan ke dalamnya. Tertarik untk mencobanya? Berikut resepnya ya.

Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Ga)Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dgn resep masakan Thailand dan kuah asam lainnya? Silahkan cek link di bawah ini:
Tom Yam Seafood dgn Kuah Susu
Tom Yam Seafood
Asam Keueng (Aceh)

Bahan: - 3 potong paha ayam bagian atas dan bawah, potong kecil-kecil + 1/2 buah jeruk nipis + 1 sendok makan garam - 8 buah jamur champignon segar, potong tipis / 1 kaleng jamur merang
Bumbu: - 4 butir bawang merah, cincang halus - 4 butir bawang putih, cincang halus - 3 batang serai, keprak dan rajang halus - 2 ruas jari jahe, iris tipis / lengkuas - 10 buah cabai rawit merah, rajang halus (kurangi jika tak suka pedas) - 5 lembar daun jeruk purut, buang batang tengahnya, rajang halus
Bumbu lainnya: - 3 sendok makan kecap ikan - 1 batang daun bawang, rajang kasar - 2 buah tomat, iris tipis - 1 sendok teh garam - 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional, skip jika anda menggunakan air kaldu ayam) - 2 butir jeruk nipis, ambil airnya - 1 ikat daun ketumbar, rajang kasar - 1 sendok makan minyak untk menumis ayam (saya menggunakan minyak zaitun) - 1 liter air (atau air kaldu ayam)
Cara membuat:

Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
Siapkan ayam, saya menggunakan bagian paha atas dan bawah beserta tulangnya, untk versi rendah lemak maka gunakan bagian dada ayam. Potong kecil-kecil. Kucuri ayam dgn 1/2 buah air jeruk nipis dan 1 sendok makan garam. Remas-remas dan diamkan selama 10 menit. Cuci bersih.
Taburi ayam dgn 1/2 sendok teh merica bubuk dan 1 sendok teh garam, remas-remas hingga rata. Panaskan panci anti lengket / wajan beserta 1 sendok makan minyak. Goreng ayam dgn api sedang sambil sesekali dibalik-balik hingga ayam berubah warnanya. Angkat ayam, biarkan minyak bekas menggoreng ayam di panci, kita akan menggunakannya untk menumis bumbu.

Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
Masukkan semua bumbu iris, tumis hingga harum. Tambahkan 1 liter air dan masak hingga air mendidih. Masukkan ayam, masak hingga ayam matang.

Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)
Tambahkan jamur, daun bawang, tomat, kecap ikan, garam, kaldu bubuk dan air jeruk nipis. Aduk rata. Masak sebentar dgn api kecil hingga jamur matang.
Tambahkan daun ketumbar, matikan api kompor, aduk sup hingga rata. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Sup siap disantap. Super yummy!

Sources:
Wikipedia - Coriander
Wisegeek - What Is the Difference Between Cilantro and Coriander?

0 Response to "[Ayam] Sup Ayam Asam Pedas a la Thai (Tom Yum Gai)"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *