[Udang] Garang Asem Ikan Salmon

Garang Asem Ikan Salmon
jogjacamps.blogspot.com - Garang asem ikan salmon, hmm terdengar keren dan mahal. Ikan salmon yg sekilonya dihargai lebih dari dua ratus ribu rupiah memang membuat saya harus berpikir keras jika akan membelinya. Tapi untungnya ada bagian-bagian ikan ni yg dijual cukup murah di supermarket, yaitu bagian kepala dan 'tetelan' ikan yg berisikan tulang tengah dan bagian perut yg berlemak. Jadi bukan hanya daging sapi saja yg ada tetelannya. Satu pack potongan ikan seperti yg saya tampilkan di gambar cukup ditebus dgn harga dua puluh ribu rupiah saja, tentu saja jauh lebih nyaman bagi kantong saya. Jadi jika demam makan salmon tiba maka biasanya bagian-bagian inilah yg akan saya buru untk dimasak menjadi sup ikan yg laziz. Nah untk resep sup ikan salmon, saya pernah posting sebelumnya, silahkan klik disini ya. Jadi jika anda bertanya-tanya mengapa gambar potongan-potongan daging ikan salmon yg saya tampilkannyaris tak berbentuk seperti ikan salmon, percayalah ni benar-benar salmon tapi hanya 'tetelannya' saja. ^_^

Garang Asem Ikan SalmonGarang Asem Ikan Salmon
Tentu saja menyantap bagian-bagian ni tak senyaman menyantap dagingnya yg tebal dan gurih, tapi untungnya kepala salmon sangat bersahabat alias lunak, jadi tak membutuhkan banyak perjuangan untk mengulitinya hingga tandas. Untuk urusan rasa dan kandungan gizinya, menurut saya tak jauh berbeda dgn dagingnya. Apalagi jika telah diolah dgn aneka bumbu rempah dgn kuah asam pedas yg gurih maka sepanci sup mampu saya gasak sendiri. Tapi lama-lama saya bosan jg menyantap sup kepala salmon, dibandingkan jenis ikan lainnya salmon memiliki kandungan minyak yg cukup tinggi sehingga membuatnya cepat eneg kala disantap. Tapi bagaimana tidak? Setiap weekend, menu tersebut menjadi teman makan siang saya bahkan terkadang menjadi bekal makan siang di kantor pula. Akhirnya sudah lebih dua bulan ni saya pun stop membeli kepala dan 'tetelan' salmon, hingga kemarin kala sedang ber-glamor ria di supermarket di sebelah kantor, saya melihat potongan kepala dan tetelan salmon yg segar berseri (lebay.com). Kali ni sebuah ide resep nangkring di kepala. Bagaimana jika dipermak menjadi garang asem? Hmm, ternyata hasilnya luar biasa laziz!

Garang Asem Ikan Salmon
Ada banyak variasi garang asem, apakah menggunakan santan / minus santan, bumbu yg diiris / dihaluskan. Semua tergantung selera masing-masing. Tapi yg jelas, bagi saya garang asem yg sedap adlh jika menggunakan banyak tomat hijau, belimbing wuluh dan cabai rawit, menjadikannya terasa asam segar dan super pedas. Karena salmon sudah cukup berlemak maka saya membuat versi garang asem tanpa santan. Sebagian bumbu saya blender halus agar cita rasanya lebih nendang, dan tak lupa saya tambahkan banyak dan banyak daun salam, dan lengkuas. Harum daun salam dan lengkuas membuat garang asem menjadi lebih maknyuss. Aihh, air liur saya menetes membayangkannya. Bingung tak ada ikan salmon di sekitar rumah anda? Tenang saja, garang asem ni tetap sedap menggunakan jenis ikan laut apapun yg ada. Jangan lupa untk selalu melumuri ikan dgn air jeruk nipis sebelum ikan dimasak ya, agar bau amis ikan tak terasa. Bagi para pembenci ikan - sampai sekarang saya masih sering terheran-heran jika bertemu teman yg tak suka makan ikan - bisa menggantinya dgn ayam (ayam kampung lebih mantap) / daging sapi.
Menu ni paling sedap jika disantap dgn nasi putih, kala masih panas mengepul karena baru keluar dari kukusan. Setelah menyantap nasi piring kedua, sayapun meratapi dan menyesali diri mengapa memasak masakan yg satu ini. Menu ni selain membuat porsi makan menjadi berlipat ganda jg membuat program diet saya yg tak kunjung berhasil menjadi gagal dan lebih gagal lagi. Benar-benar tak saya rekomendasikan untk mereka yg sedang berdiet! Berikut resepnya ya ^_^
Garang Asem Ikan Salmon
Garang Asem Ikan Salmon Resep hasil modifikasi sendiri
Bahan: - 300 gram ikan salmon, bisa diganti dgn ikan jenis lainnya
- 10 buah cabai rawit merah, potong melintang kasar
- 10 buah cabai rawit hijau, biarkan utuh
- 5 buah tomat hijau, masing-masing belah menjadi empat bagian
- 5 buah belimbing wuluh, potong melintang setebal 1/2 cm
- 5 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, rajang tipis
- 2 ruas jahe, rajang tipis
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan rajang tipis
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional), tambahkan porsi garam jika tak menggunakan kaldu bubuk.
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 200 ml air

Bumbu halus:
- 4 siung bawang putih - 5 siung bawang merah

Cara membuat:

Garang Asem Ikan Salmon
Cuci bersih ikan salmon, potong-potong sesuai selera. Karena saya menggunakan bagian-bagian ikan yg telah terpotong maka ikan tak saya potong lagi. Perciki ikan dgn 1/2 buah air perasan jeruk nipis, aduk rata.

Siapkan mangkuk, masukkan bumbu halus, air, garam, gula, kaldu bubuk dan merica bubuk, aduk rata. Tambahkan potongan ikan dan semua bumbu lainnya, aduk hingga rata.

Garang Asem Ikan Salmon
Anda bisa membungkus ikan dgn daun pisang sebagaimana garang asem umumnya dan kukus hingga matang. Atau tuangkan ikan ke dlm pinggan tahan panas seperti yg saya lakukan dan kukus selama 20 menit / hingga ikan matang.

Keluarkan dari kukusan dan sajikan dgn nasi hangat. Super yummy!

other source : http://justtryandtaste.com, http://fb.com, http://instagram.com

0 Response to "[Udang] Garang Asem Ikan Salmon"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *