[Puding] Membuat Lumpia Isi Rebung

Membuat Lumpia Isi Rebung
jogjacamps.blogspot.com - Akibat bergadang pd malam sebelumnya maka tadi malam di pukul sembilan saya pun sudah terkapar di tempat tidur. Sekitar satu jam lamanya saya terlelap dlm mimpi hingga tiba-tiba handphone yg selalu tergeletak di samping tempat tidur berdering. Di tengah kantuk dan isi kepala yg berkabut dgn terpaksa saya pun memeriksanya. Nomornya tak dikenal. Biasanya saya anti menjawab panggilan telpon yg nomornya tak tersimpan di dlm memori. Sekian lama saya membiarkan benda itu bernyanyi hingga kemudian teringat dgn kebiasaan adik saya, Dimas, yg suka berganti-ganti nomor handphone. Khawatir jika ada hal yg penting, akhirnya saya pun menjawabnya.

"Halo"? Tidak ada jawaban di seberang sana. "Halo! Ini siapa"?! Kali ni nada saya naikkan dua oktaf. Akhirnya terdengar seorang pria menjawab, "Halo? Halo"? Suaranya sama sekali tak saya kenal. "Ya halo! Ini siapa"? Tanya saya mulai kesal karena terganggu dari tidur nyenyak. Jawaban yg kemudian diberikan cukup membuat tekanan darah saya naik dan emosi membuncah, "Mama, ni aku Ma! Aku kena rampok Ma"! Dan diikuti dgn suara tangis bombay a la film India. Walau insting saya tahu jika ni penipuan, tetap saja dgn bodohnya saya kembali bertanya, "Kamu siapa? Mau bicara dgn siapa"?! Si penipu di seberang sana mengulang jawaban yg sama, "Ini aku Ma! Aku kena rampok Ma, huaa"! Ah asem! Sejak kapan saya punya anak? Sambil mengutuk-ngutuk sendiri, saya pun menjawab, "Eh kamu jangan macam-macam ya, malam-malam mencoba menipu orang! Saya laporkan polisi baru tahu rasa kamu ya"! Dan telepon pun saya tutup dgn hati gondok.
Membuat Lumpia Isi RebungMembuat Lumpia Isi Rebung
Jika kejadian tersebut terjadi pd siang hari / ketika kepala saya masih jernih dan bisa berpikir dgn normal, bukan setengah sadar dan setengah di dunia lain seperti waktu itu maka mungkin saya akan iseng mengerjai si penelepon, seperti, "Oh ya kena rampok apanya? Kepala kamu hilang dirampok"? Atau, "Wah kena rampok? Kaciaaan deh lu." Tapi waktu itu yg bisa saya lakukan hanyalah mengutuk-ngutuk si penipu semoga mendapat balasan setimpal dari Atas karena tega berniat menipu dan menganggu tidur nyenyak saya. Saya tak bisa membayangkan jika kemudian penipuan seperti ni terjadi misalnya saja pd Ibu saya, / Ibu-Ibu lainnya yg memiliki putra. Terlebih lagi jika kemudian semua putra-putranya tersebut berada di kota lain yg jauh dari rumah. Bisa dibayangkan betapa panik dan cemasnya beliau.
Penipuan dgn model seperti ni memang sudah sering sekali terjadi dan yg disesalkan masih banyak jg korban yg berjatuhan. Biasanya si penipu akan mengabarkan ada anggota keluarga korban yg mengalami musibah entah itu kecelakaan / perampokan dan membutuhkan dana. Si korban kemudian digiring untk mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu. Dalam kondisi panik dan cemas terutama orang tua biasanya akan segera pergi ke ATM terdekat dan mengirimkan uang tersebut. Si penipu kemudian melenggang kangkung dgn bebas, menikmati uang haram tanpa peduli dgn rasa cemas si orang tua yg bingung memikirkan anaknya. Walau mungkin kita tak sampai kehilangan uang, tapi rasa panik dan jantung berdebar seperti yg saya alami kemarin malam akibat berita yg tak mengenakkan benar-benar sangat mengganggu.
Membuat Lumpia Isi RebungMembuat Lumpia Isi Rebung
Beberapa teman saya di kantor jg mengalami kasus yg sama, bahkan hingga harus pulang ke rumah dan mengecek di rumah sakit ketika dikabarkan adiknya mengalami kecelakaan yg ternyata adlh berita bohong. Bagi anda yg belum pernah mengalami kejadian ni maka sebaiknya berhati-hati dan kabarkan jg mengenai model penipuan seperti ni kepada anggota keluarga lainnya agar mereka lebih waspada. Kita jg harus selalu melakukan cross check ke keluarga lainnya saat mendapatkan kabar musibah seperti yg saya alami di atas, untk memastikan kebenaran berita tersebut.
Okeh saya akhiri cerita yg tak mengenakkan ni dan saatnya kembali ke si lumpia isi rebung yg enak ini. Jika anda berkunjung ke Semarang maka pasti jajanan bernama lumpia dgn isi rebung mudah ditemukan. Makanan ringan ni memang khas kota Semarang dan ada satu toko lumpia terkenal yg menjual lumpia isi rebung dgn ukuran jumbo yg selalu menjadi oleh-oleh ketika saya / keluarga singgah disana. Nah sebenarnya, membuat lumpia seperti ni sendiri sangat mudah dan tak memerlukan proses yg ribet. Anda hanya perlu kulit lumpia super tipis nan crispy seperti yg saya gunakan dan rebung rebus. Hasilnya adlh lumpia isi rebung yg tak kalah lezatnya dgn yg dijual di Semarang.
Membuat Lumpia Isi RebungMembuat Lumpia Isi Rebung
Banyak teman-teman pembaca yg bertanya kepada saya bagaimana caranya membuat kulit lumpia yang crispy seperti ini, dan jawabannya adlh saya tak bisa membuatnya. Selama ni saya selalu mengandalkan diri dgn kulit lumpia instan yg banyak dijual di supermarket. Pengalaman saya jika membuat kulit lumpia sendiri adlh hasilnya kurang tipis sehingga ketika digoreng lumpia menjadi tak renyah dan garing. Tetapi menggunakan kulit lumpia instan yg ukurannya beraneka ragam dan bisa disimpan di freezer untk jangka waktu panjang hasilnya sangat memuaskan dan serta jauh lebih praktis dibanding membuatnya sendiri.

Merk kulit lumpia yg umum dijual seperti Spring Home dan Finna bisa anda dapatkan di supermarket. Biasanya diletakkan di bagian kotak pendingin dan berbentuk lembaran yg saling menempel satu sama lain. Untuk resep dibawah saya menggunakan kulit lumpia dgn ukuran 15 x 15 cm, anda bisa menggunakan ukuran yg lebih besar jika menginginkan lumpia dgn ukuran yg jumbo, / anda jg bisa menggunakan kulit lumpia yg banyak dijual di pasar berbentuk lingkaran. Jika kondisi kulit lumpia masih beku maka letakkan di suhu ruang hingga lemas dan mudah dilepaskan antara lembaran satu dgn lainnya. Jika kemasannya sudah dibuka maka kulit lumpia harus selalu ditutup dgn kain lembab agar tetap lemas dan tak kering. Bungkus kembali dgn plastik rapat ketika sudah tak diperlukan dan simpan selalu di dalam freezer. Jika anda berminat untk membuat kulit lumpia sendiri maka resep di bawah ni mungkin bisa dicoba.

Lumpia Goreng Isi Sayuran

Membuat Lumpia Isi Rebung
Untuk membuat lumpia isi rebung maka anda memerlukan rebung rebus yg diiris korek api, dan supaya rasanya spesial maka ebi cincang harus ditambahkan ke dlm bumbu. Ebi inilah yg akan membuat rasa isi lumpia menjadi berbeda dgn lumpia umumnya. Anda bisa menggunakan daging ayam / daging sapi cincang, tapi saya memilih memakai daging ayam rebus sisa membuat soto yg kebetulan masih banyak. Daging ayam kemudian saya cincang kasar dan ditambahkan ke dlm tumisan rebung. Bumbunya sendiri sangat simple, hanya terdiri atas bawang merah dan bawang putih cincang, sedikit minyak wijen, kecap asin dan kecap manis. Isi lumpia harus kering agar tak membuat kulit lumpia berlubang saat digunakan untk membungkus isinya, karena itu jangan menambahkan air ke dlm tumisan rebung.
Saya menambahkan satu butir telur di dlm tumisan agar tumisan isi lebih kompak dan tak terlalu tercerai berai selain jg membuat rasanya lebih sedap. Skip saja jika anda tak menginginkannya. Berikut resep lumpia isi rebung yg super nendang ini.
Membuat Lumpia Isi Rebung
Lumpia Isi RebungResep hasil modifikasi sendiri
Untuk 25 - 30 buah lumpia

Tertarik dgn resep lumpia lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Lumpia/Egg Roll Isi Daging Sapi, Wortel dan Tauge
Vegetarian Lumpia dgn Saus Pedas a la Thai
Lumpia Goreng Isi Sayuran
Bahan: - 1 pak kulit lumpia instan, saya pakai merk Finna ukuran 15 x 15 cm - 300 gram rebung yg sudah direbus dan diiris korek api- 200 gram daging ayam rebus, cincang kasar
Bumbu: - 2 sendok makan minyak untk menumis - 6 siung bawang merah, cincang halus - 5 siung bawang putih, cincang halus - 2 sendok makan ebi, rendam air panas agar lunak dan cincang halus - 1 sendok makan minyak wijen - 1 sendok makan kecap asin - 2 sendok makan kecap manis - 1 sendok teh merica bubuk - 1 sendok teh gula pasir - 2 sendok teh garam - 1 butir telur, kocok lepas

Pelengkap:
- cabai rawit
- kecap asin untk cocolan
Cara membuat:

Membuat Lumpia Isi Rebung
Siapkan semua bahan, jika anda membeli rebung yg sudah direbus maka rebus sekali lagi rebung dan buang air rebusannya. Rajang rebung menjadi ukuran korek api. Sisihkan.

Rendam ebi dlm air hangat agar empuk dan cincang halus. Cincang kasar jg ayam rebus. Sisihkan.

Membuat Lumpia Isi Rebung
Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan cincangan ebi, aduk rata dan tumis selama 1 menit hingga harum. Tambahkan daging ayam rebus yg telah dicincang, aduk rata.

Masukkan rebung rebus, aduk hingga rata dan masak selama 2 menit.
Membuat Lumpia Isi Rebung
Tambahkan semua bumbu lainnya, aduk rata dan masak hingga tumisan mengering dan kesat. Masukkan telur kocok, diamkan selama beberapa detik agar telur mengeras kemudian aduk dan masak hingga semua bahan matang.

Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam. Angkat dan biarkan dingin.

Membuat Lumpia Isi Rebung
Siapkan selembar kulit lumpia, saya menggunakan merk Finna ukuran 15 x 15 cm. Letakkan satu sendok makan adonan di salah satu sudutnya, gulung kulit berisikan adonan dan lipat sisi kiri kanannya seperti amplop.
Membuat Lumpia Isi Rebung
Kemudian gulung kulit sambil ditekan isinya agar padat dan tak ada rongga. Olesi ujung kulit dgn air dan rekatkan. Lakukan hingga semua adonan isi habis, tata lumpia di atas loyang beralaskan tissue dapur.
Membuat Lumpia Isi Rebung
Panaskan wajan anti lengket, dan beri minyak agak banyak. Goreng lumpia dgn api kecil sambil dibalik-balik hingga permukaanya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Sajikan hangat dgn cabai rawit dan cocolan kecap asin. Super yummy!

other source : http://stackoverflow.com, http://justtryandtaste.com, http://bbc.co.uk

0 Response to "[Puding] Membuat Lumpia Isi Rebung"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *