jogjacamps.blogspot.com - Tips Menghadapi Si Iri Hati di Tempat Kerja
Salah satu konflik yg muncul di temapt kerja adlh sikap iri hati dari rekan kerja. Bukan tak mungkin, situasi ni akan menghambat pekerjaan karena Anda tak dibuat nyaman dgn sikap negatifnya tersebut. Bagaimana ya harus bersikap? Berikut ini, tipsanda.com kan menguraikan tips bagaimana si irir hati di tempat kerja:
1. Tunjukkan bahwa Anda Tidak Ingin berkompetisi. Rasa iri hati muncul karena rekan kerja merasa mereka ada di tengah-tengah persaingan dgn yg lainnya, sebab itu rasa tak aman dpt menjadi pemicu seseorang menjadi iri hati. Bersikaplah lebih down to earth pd rekan kerja, tunjukkan kalau Anda mengharagai hasil kerja mereka dan tak berniat mencuri pekerjaan mereka. Sehingga mengurangi rasa cemas dan iri hati mereka terhadap Anda. Beri pujian jika mereka melakukan pekerjaan dgn baik, dan sampaikan saran dgn santun sehingga mereka bisa meningkatkan prestasi. Pastikan bahwa nada bicara Anda tak merendahka / terlalu agresif, karena itu akan membawa hasil sebaliknya.
2. Menghindari Pertengkaran. Meski kesal dgn sikap rekan kerja, tapi penting bagi Anda untk menampilkan kesan kalau Anda tak terpengaruh sikapnya. Orang yg iri hati memang sengaja ingin memancing emosi, dan mereka jg sengaja ingin memancing emosi, dan mereka jg gemar menghubung-hubungkan masalah pekerjaan dgn hal-hal yg tak relevan. Jangan terpancing emosi. Jika rekan tersebut menyadari kalau Anda tak terpancing, dgn sendirinya mereka akan berhenti.
3. Bersikap Hati-Hati. Orang yg iri hati kadang bertindak berlebihan, misalnya mencoba melakukan sabotase pd teman yg sukses. Jika Anda yg dicemburui, bersikaplah hati-hati. Perhatikan dan catat hal-hal yg bisa membahayakan Anda. Misalnya gossip yg menjelek-jelekkan Anda, / bahkan fitnah. Pastikan kalau Anda punya bukti untk menjelaskan bahwa hal tersebut tak benar.
4. Bersikap Profesional. Tetaplah bersikap netral dan professional terhadap rekan kerja yg iri hati. Jangan pernah membalas tindakannya dgn cara yg tak sopan dan kasar. Bila rekan sekantor iri dgn kesuksesan yg Anda raih, tunjukkan kepada mereka mengapa Anda bisa meraih kesuksesan. Berikan mereka contoh bahwa menjadi professionalisme di kantor adlh cara nyata mencapai sukses.
5. Kasih Tahu Atasan. Jika iri hatinya menyebabkan perilaku yg sudah keterlaluan dan tak bisa ditoleransi lagi, ada baiknya jika dibicarakan dgn atasan. Tidak perlu dgn sikpa mengadu dan mendramatisasi masalah, karena hal ni justru akan menimbulkan masalah baru lagi nantinya. Ceritakan apa adanya saja, sesuai fakta yg ada.
http://tipsanda.com
Salah satu konflik yg muncul di temapt kerja adlh sikap iri hati dari rekan kerja. Bukan tak mungkin, situasi ni akan menghambat pekerjaan karena Anda tak dibuat nyaman dgn sikap negatifnya tersebut. Bagaimana ya harus bersikap? Berikut ini, tipsanda.com kan menguraikan tips bagaimana si irir hati di tempat kerja:
1. Tunjukkan bahwa Anda Tidak Ingin berkompetisi. Rasa iri hati muncul karena rekan kerja merasa mereka ada di tengah-tengah persaingan dgn yg lainnya, sebab itu rasa tak aman dpt menjadi pemicu seseorang menjadi iri hati. Bersikaplah lebih down to earth pd rekan kerja, tunjukkan kalau Anda mengharagai hasil kerja mereka dan tak berniat mencuri pekerjaan mereka. Sehingga mengurangi rasa cemas dan iri hati mereka terhadap Anda. Beri pujian jika mereka melakukan pekerjaan dgn baik, dan sampaikan saran dgn santun sehingga mereka bisa meningkatkan prestasi. Pastikan bahwa nada bicara Anda tak merendahka / terlalu agresif, karena itu akan membawa hasil sebaliknya.
2. Menghindari Pertengkaran. Meski kesal dgn sikap rekan kerja, tapi penting bagi Anda untk menampilkan kesan kalau Anda tak terpengaruh sikapnya. Orang yg iri hati memang sengaja ingin memancing emosi, dan mereka jg sengaja ingin memancing emosi, dan mereka jg gemar menghubung-hubungkan masalah pekerjaan dgn hal-hal yg tak relevan. Jangan terpancing emosi. Jika rekan tersebut menyadari kalau Anda tak terpancing, dgn sendirinya mereka akan berhenti.
3. Bersikap Hati-Hati. Orang yg iri hati kadang bertindak berlebihan, misalnya mencoba melakukan sabotase pd teman yg sukses. Jika Anda yg dicemburui, bersikaplah hati-hati. Perhatikan dan catat hal-hal yg bisa membahayakan Anda. Misalnya gossip yg menjelek-jelekkan Anda, / bahkan fitnah. Pastikan kalau Anda punya bukti untk menjelaskan bahwa hal tersebut tak benar.
4. Bersikap Profesional. Tetaplah bersikap netral dan professional terhadap rekan kerja yg iri hati. Jangan pernah membalas tindakannya dgn cara yg tak sopan dan kasar. Bila rekan sekantor iri dgn kesuksesan yg Anda raih, tunjukkan kepada mereka mengapa Anda bisa meraih kesuksesan. Berikan mereka contoh bahwa menjadi professionalisme di kantor adlh cara nyata mencapai sukses.
5. Kasih Tahu Atasan. Jika iri hatinya menyebabkan perilaku yg sudah keterlaluan dan tak bisa ditoleransi lagi, ada baiknya jika dibicarakan dgn atasan. Tidak perlu dgn sikpa mengadu dan mendramatisasi masalah, karena hal ni justru akan menimbulkan masalah baru lagi nantinya. Ceritakan apa adanya saja, sesuai fakta yg ada.
http://tipsanda.com
other source : http://imgur.com, http://lenteradankehidupan.blogspot.com, http://pinterest.com
0 Response to "Si Iri Hati di Tempat Kerja"
Post a Comment