Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia - Dunia

jogjacamps.blogspot.com - Masa remaja adlh masa dimana kita menghabiskan banyak waktu untk bersenang-senang, mulai dari sekolah, belajar hingga berkumpul dgn teman sebaya adlh hal rutin yg selalu dilakukan oleh para remaja. Hampir tak ada beban dan pikiran berat yg diemban oleh para remaja ini. Dan kebanyakan para remaja ni dituntun untk menikmati masa muda nya sebaik mungkin.
Tapi ada jg beberapa remaja yg justru menghabiskan masa mudanya hanya untk membuat sebuah terobosan di masa depan. Seperti yg dilakukan oleh para remaja dibawah ini, di usia yg masih sangat belia mereka sudah bisa membuat sebuah penemuan yg sangat luar biasa. Bahkan tak sedikit hasil pemikiran serta eksperimen yg mereka lakukan telah berbuah penghargaan yg tak ternilai harganya.
Mereka berhasil mematahkan anggapan akan pemikiran bahwa para remaja tak bisa diandalkan dgn menciptakan penemuan yg bermanfaat untk kehidupan manusia dan perkembangan teknologi. Dalam usia belasan tahun para remaja inspiratif ni telah menunjukkan prestasi mencengangkan, hingga penemuan mereka diakui oleh dunia internasional. Berikut adlh tujuh remaja paling berprestasi dgn penemuan hebatnya yg diakui dunia :
Elif Bilgin 16 Tahun Penemu Bioplastik dari kulit pisang
Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia
Seorang perempuan remaja asal Turki berusia enam belas tahun bernama Elif Bilgin telah menciptakan plastik ramah lingkungan yg terbuat dari limbah kulit pisang. Ide Elif ni diawali ketika ia mendapati kandungan pati dan selulosa yg terkandung dlm lapisan luar kulit pisang berguna untk menjaga kesegaran daging buah pisang di dalamnya. Ia jg mencatat kulit mangga yg dimanfaatkan dlm produksi plastik. Kemudian ia berteori kalau bahan tersebut dpt digunakan untk membuat bahan yg isolator yg mampu melindungi kabel.
Bilgin pun bioplastik dari limbah kulit pisang. Diharapkan di masa depan mampu memerangi polusi yg disebabkan karena limbah produk plastik yg berbasis minyak bumi. Penemuan Bilgin ni memenangkan hadiah utama dan uang tunai 50.000 dolar AS di Scientific American Science dan memenangkan gelar juara harapan di Google Science Fair. Di masa depan pemuda ni berniat untk menciptakan rumah kaca ramah lingkungan yg seluruh bagiannya terbuat dari limbah daur ulang.
Murid SMP Nigeria Penemu Generator tenaga urin
Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia
Empat orang murid SMP asal Nigeria bernama Duro-Aina Adebola (14), Akindele Abiola (14), Faleke Oluwatoyin (14), dan Bello Eniola (15) telah membuat takjub para peneliti dunia dgn hasil temuan mereka yakni generator / pembangkit listrik dgn tenaga urin.
Gadis-gadis itu mengembangkan generator yg bisa menghasilkan daya untk enam jam hanya dgn satu liter urin. Perangkat ciptaan mereka ni akan mengisolasi hidrogen dlm air seni agar dpt digunakan sebagai sumber energi. Hidrogen kemudian dimurnikan dgn filter air khusus, kemudian diekstraksi ke dlm tabung gas. Hidrogen ni kemudian dimurnikan sekali lagi dlm silinder yg menyaring semua cairan dari hidrogen tadi.
Tumbuh di daerah dgn sumber daya alam terbatas rupanya membuat kreativitas gadis-gadis itu tertantang. Mereka jadi terinspirasi untk menciptakan sistem energi alternatif yg bisa dikembangkan untk mengatasi keterbatasan sumber daya di daerah mereka. Dan jika rata-rata orang memproduksi sekitar dua liter urin per hari, sehingga generator kecil ni dpt dgn mudah dioperasikan oleh tiap orang. Generator energi ni akan sangat berguna pd situasi darurat di mana sumber energi konvensional sulit dicari. Semoga bisa bermanfaat.
Boyan Slat 19 Tahun Penemu Ocean Cleanup Array
Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia
Namanya Boyan Slat dgn usia 19 tahun. Ia adlh seorang remaja asal Belanda yg telah menemukan sebuah perangkat yg dpt membersihkan sekitar 20 miliar ton sampah plastik dari lautan di dunia. Boyan menciptakan perangkat terapung yg mampu mengumpulkan sampah plastik di lautan dan sekaligus mengolahnya kembali di saat yg bersamaan. Dan perangkat ni tak akan membahayakan bagi hewan laut / plankton yg melaluinya.
Boyan berpendapat kalau inovasinya itu bisa membuat perbedaan besar untk kebersihan lautan dlm jangka pendek. Tetapi untk jangka panjang masyarakat dunia memang harus mengurangi ketergantungan mereka terhadap produk plastik. Boyan dan hasil temuannya itu berhasil memenangkan sejumlah penghargaan dari departemen kelautan. Sekarang ia menjadi mahasiswa di Delft University of Technology dan tampaknya tak berniat berhenti sampai di situ dlm berinovasi.
Param Jaggi 17 Tahun Penemu Algae Mobile
Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia
Sudah umum diketahui kalau kendaraan bermotor seperti mobil dan motor menghasilkan emisi gas karbon dioksida dan karbon monoksida yg ikut menyumbang bagi polusi udara. Tetapi dgn kreativitas ternyata kendaraan bermotor pun bisa dimanfaatkan untk mengurangi polusi udara.
Seorang remaja bernama Param Jaggi, murid SMA Plano East berusia 17 tahun telah menemukan teknologi yg memungkinkan sebuah mobil mengonversi karbon dioksida menjadi oksigen selagi dikendarai. Param merancang perangkat yg dimasukkan ke dlm pipa knalpot di sisi belakang mobil. Perangkat ni dilengkapi dgn fungsi ganggang / algae yg mampu menyerap gas dan mengonversinya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis.
Berkat penemuannya Param memenangkan penghargaan dari Badan Perlindungan Lingkungan untk penemuan ramah lingkungan berkat perangkat knalpot mobil pembersih udara bernama Algae Mobile ciptaannya itu. Param mendapatkan uang tunai 8.000 dolar selama beberapa tahun berturut-turut karena penemuannya itu. Dan pd tahun 2011, ia mendapatkan penghargaan di Intel International Science Fair.
Eesha Khare 18 Tahun Penemu charger super cepat
Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia
Berkat penemuan seorang murid SMA berusia 18 tahun asal Saratoga, California, Eesha Khare pd tahun 2013, sekarang dunia sudah memiliki teknologi yg memungkinkan kita mengisi daya baterai gadget dan peralatan bertenaga listrik lainnya dlm waktu super singkat, yaitu 20 sampai 30 detik saja.
Eesha telah menciptakan perangkat penyimpanan energi yg bisa terisi penuh hanya dlm hitungan detik. Perangkat itu sangat efisien dan hemat biaya. Terlebih lagi bisa bertahan selama 10.000 siklus pengisian ulang, 10 kali lebih lama dibandingkan baterai konvensional yg hanya bisa dipakai untk 1.000 siklus.?
Penemuan Eesha ni memenangkan Intel Foundation Young Scientist Award di Intel International Science and Engineering Fair yg diselenggarakan di Phoenix, Arizona. Eesha Khare memenangkan hadiah uang tunai sebesar 50.000 dolar AS di sebuah pameran sains internasional berkat penemuannya itu.
Jack Andraka 15 Tahun Penemu detektor kanker pankreas
Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia
Lebih dari 85 persen dari pasien penderita kanker pankreas terlambat didiagnosis terlambat, dan saat diagnosis diputuskan kebanyakan dari mereka tinggal memiliki beberapa persen kesempatan hidup saja. Berangkat dari pemikiran itu, Jack Andraka, seorang murid SMA berusia lima belas tahun mencoba membuat teknologi yg memungkinkan kanker pankreas dideteksi sejak dini.
Jack meyakinkan seorang peneliti kanker terkemuka untk membiarkan dia menggunakan laboratorium miliknya untk mengembangkan teorinya tentang deteksi kanker pankreas. Dan kemudian Jack memang benar-benar berhasil menyelesaikan penelitiannya dgn hasil memuaskan. Penelitiannya itu kemudian masih harus menjalani serangkaian uji coba. Tetapi pd akhirnya detektor kanker milik Jack berhasil menarik perhatian industri bioteknologi dunia.
Temuan Jack berhasil menarik perhatian dunia internasional pd tahun 2011. Lebih mengejutkan lagi, karena penemuan sepenting itu ditemukan bukan oleh penelitian terkemuka dunia, tetapi oleh seorang remaja yg bahkan belum cukup umur. Jack bersama temuannya itu berhasil mengalahkan 1.500 kontestan dlm Intel International Science Fair. Pemuda yg mengklaim dirinya sebagai pecandu ilmu itu berhasil menggondol hadiah utama sebesar 100.000 dolar.
Azza Abdel Hamid Faiad 16 Tahun Penemu Biofuel dari limbah plastik
Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia
Terakhir Remaja Mesir bernama Azza Abdel Hamid, wanita berusia 16 tahun ni telah menciptakan sebuah penemuan yg pastinya akan sangat berguna untk menghadapi ancaman kelangkaan sumber daya alam di masa depan. Azza berhasil menemukan cara agar sampah berbasis plastik yg menjadi problem kelestarian lingkungan dewasa bisa diubah menjadi sumber bahan bakar alami / biofuel.
Azza mengklaim kalau dirinya telah menemukan katalis bernama aluminosilikat, yg akan memecah sampah plastik dan menghasilkan produk gas seperti metana, propana, serta etana, yg kemudian dpt diubah menjadi etanol. Penemuan Azza ni bisa merubah arah ekonomi negaranya di masa depan.

Konsumsi plastik di Mesir diperkirakan mencapai total satu juta ton per tahun. Dan Azza Abdel Hamid Faiad telah mengembangkan teknologi yg memungkinkan limbah nyaris tak bernilai yg menumpuk di negaranya tersebut agar bisa diubah menjadi bahan bakar senilai 78.000.000 dolar AS tiap tahun.
Saat ni Azza telah mempresentasikan hasil penelitiannya di forum internasional. Sekarang ni Mesir Petroleum Research Institute telah menunjukkan minat yg besar terhadap penelitiannya dan Azza sedang mengusahakan agar temuannya itu bisa segera dipatenkan dgn namanya.

Nah, itulah setidaknya tujuh remaja paling berprestasi dgn penemuan hebatnya. Memang tak ada yg menyangka dgn apa yg telah dilakukan mereka, tapi berkat semua yg telah mereka lakukan masa depan dunia akan menjadi lebih baik. So semoga akan lahir lebih banyak lagi remaja hebat yg bisa membuat sesuatu perubahan bagi dunia.

other source : http://imgur.com, http://google.com, http://anakregular.com

0 Response to "Tujuh Remaja Hebat dengan Penemuannya yang Mendunia - Dunia"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *